Wimbledon 2020 Dibatalkan karena Pandemi Covid-19

Home / Olahraga / Wimbledon 2020 Dibatalkan karena Pandemi Covid-19
Wimbledon 2020 Dibatalkan karena Pandemi Covid-19 Ilustrasi - Wimbledon Resmi Dibatalkan (FOTO: www.mainmain.id)

TIMESMATARAM, JAKARTA – Kejuaraan tenis Wimbledon 2020 secara resmi dibatalkan oleh All England Club setelah pertemuan darurat di London. Pembatalan ini karena pandemi global Virus Corona (Covid-19).

Turnamen tenis Wimbledon 2020 ini sedianya akan digelar dari 29 Juni hingga 12 Juli mendatang. Tapi situasi di Inggris belum kondusif sehingga turnamen terpaksa ditiadakan.

"Dengan sangat menyesal bahwa Dewan Utama All England Club (AELTC) dan Komite Manajemen Kejuaraan hari ini telah memutuskan bahwa Kejuaraan 2020 akan dibatalkan karena masalah kesehatan masyarakat terkait dengan epidemi coronavirus," bunyi pernyataan penyelenggaranya seperti dilansir Daily Express.

Dalam sejarahnya, Wimbledon pernah ditiadakan karena perang dunia yakni pada tahun 1915-1918 dan tahun 1940-1945.

Wimbledon menjadi salah satu daftar panjang momen olahraga tingkat dunia yang dibatalkan oleh pengaruh penyebaran Covid-19. 

Sebelumnya dunia juga telah membatalkan perhelatan Olimpiade di Tokyo karena pandemi Covid-19.

Ketua AELTC (All England Lawn Tennis dan Croquet Club), Ian Hewitt, menambahkan, ini adalah keputusan yang dianggap remeh, namun pihaknya melakukannya dengan sangat menghargai kesehatan masyarakat dan kesejahteraan semua orang yang datang bersama-sama untuk mewujudkan Wimbledon.

"Ini sangat membebani pikiran kami bahwa pementasan Kejuaraan hanya terganggu sebelumnya oleh Perang Dunia tetapi, setelah mempertimbangkan semua skenario dengan seksama dan luas, kami percaya bahwa ini adalah ukuran dari krisis global ini yang pada akhirnya benar," ujarnya.

Kejuaraan ke-134 akan dipentaskan dari 28 Juni hingga 11 Juli 2021 mendatang. "Yang paling penting dalam pikiran kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang datang bersama untuk mewujudkan Wimbledon," tambahnya.

Publik di Inggris, pengunjung dari seluruh dunia, para pemain, tamu, anggota, staf, relawan, mitra, kontraktor, dan penduduk lokal, kata Ian Hewit adalah tanggung jawab yang lebih luas terhadap upaya masyarakat untuk mengatasi tantangan global ini.

Itulah sebabnya mengapa kejuaraan tenis Wimbledon 2020 akhirnya dibatalkan oleh All England Club karena pandemi global Virus Corona (Covid-19). (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com