Jangan Langsung Dibuang, Ini Berbagai Manfaat Kulit Lemon

Home / Gaya Hidup / Jangan Langsung Dibuang, Ini Berbagai Manfaat Kulit Lemon
Jangan Langsung Dibuang, Ini Berbagai Manfaat Kulit Lemon ILUSTRASI - Buah Lemon. (FOTO: Bebas Jerawat)

TIMESMATARAM, JAKARTA – Kulit lemon sering tidak dimanfaatkan dan berakhir di tempat sampah. Kulit dari lemon pada umumnya memiliki rasa yang sangat pahit. Itulah kenapa kulit tidak langsung dimakan begitu saja, tapi diolah dahulu. Meski sedikit repot mengolahnya, kulit lemon juga memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaat kulit lemon?

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut ini manfaat kulit lemon yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan mulut

Menggunakan kulit lemon yang dicampur air untuk berkumur-kumur bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada mulut. Karang pada gigi hingga infeksi yang disebabkan oleh Streptococcus mutans bisa membuat mulut jadi bau dan kemungkinan besar gusi akan bengkak.

2. Memiliki antioksidan yang tinggi

Kulit dari lemon mengandung cukup banyak antioksidan yang cukup tinggi kapasitasnya seperti D-limonene. Antioksidan ini akan membantu tubuh dalam mengatasi masalah dengan jantung dan juga masalah dengan diabetes tipe 2 yang sangat merugikan tubuh khususnya mereka yang sudah tua.

3. Memiliki kandungan anti mikroba dan jamur

Kandungan anti mikroba dan jamur di dalam kulit lemon sangat tinggi. Selain untuk mengatasi masalah di dalam mulut, zat ini juga bisa diaplikasikan ke kulit. Ekstrak dari kulit lemon ini bisa digunakan untuk mengatasi jamur di kulit yang menyebabkan infeksi dan juga iritasi.

4. Bisa menaikkan sistem kekebalan

Salah satu kandungan dari lemon yang sangat besar adalah vitamin C. Kandungan itu juga terdapat pada kulitnya. Penggunaan ekstrak dari lemon bisa mencegah terjadinya pilek hingga 8 persen pada dewasa dan 14 persen pada anak.

5. Menghilangkan bau tidak sedap

Kalau Anda tidak ingin memiliki kulkas yang cepat bau, ada baiknya untuk menggunakan kulit dari lemon. Bisa diiris tipis atau agak diparut untuk mengeluarkan aromanya. Letakkan di bagian dan atas atau bagian yang paling bau. Kalau tempat sampah Anda juga bau, bisa diletakkan di dasarnya juga.

6. Pembersih kotoran

Memiliki dapur yang sangat kotor dan penuh dengan noda tentu bisa membuat Anda jadi jijik saat memasak di sana. Selain itu dapur yang kotor juga berpotensi mengundang cukup banyak bakteri dan kuman untuk mendekat. Kalau sampai patogen itu masuk ke makanan, kita semua yang akan mendapatkan masalah.

Gunakan kulit dari lemon yang direndam dengan air cuka. Setelah beberapa minggu direndam, angkat kulit lemonnya dan gunakan air hasil rendaman untuk membersihkan kotoran yang muncul agar bersih. Kandungan anti bakteri dalam kulit lemon akan ikut membasmi kuman yang menempel di mana-mana.

Inilah beberapa manfaat kulit lemon yang ternyata jarang sekali kita ketahui. Mulai sekarang jangan langsung membuang kulit lemon ya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com