Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Kuning Telur

Home / Gaya Hidup / Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Kuning Telur
Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Kuning Telur Kuning telur.

TIMESMATARAM, JAKARTA – Telur adalah salah satu makanan sehat yang sering kita konsumsi. Selain rasanya yang enak dan mudah untuk diolah, telur juga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Hanya saja, banyak orang yang menganggap bagian kuning telur bisa berdampak buruk untuk kesehatan sehingga sebaiknya tidak kita konsumsi. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Manfaat kuning telur sama dengan putih telur.

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat dari kuning telur yang bisa kita dapatkan jika rutin dikonsumsi. Berikut adalah beberapa manfaat kuning telur.

1. Tinggi kandungan vitamin D

Kandungan vitamin D yang sangat tinggi di dalam kuning telur bisa mendukung kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin ini juga akan membantu proses penyerapan kalsium.

2. Tinggi kandungan asam lemak omega 3

Banyak orang yang menyebut kuning telur tinggi kandungan lemak. Hal ini memang benar, namun sebagian dari kandungan lemak ini adalah asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan. Kandungan ini bisa mendukung kesehatan otak dan fungsi memori, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan peradangan.

3. Tinggi kandungan kolin

Kandungan kolin di dalam telur yang cukup tinggi bisa membantu ibu hamil mendapatkan kandungan yang sehat dan menurunkan risiko janin yang mengalami cacat saraf.

4. Mengandung Kartenoid

Kuning telur juga mengandung vitamin bernama kartenoid yang membantu melindungi tubuh dari degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan.

Itulah tiga manfaat kuning telur yang bisa Anda dapatkan. Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, pakar kesehatan menyebut ada beberapa orang yang memang sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi kuning telur. Orang yang mengalami alergi telur juga sebaiknya menghindarinya demi mencegah munculnya reaksi alergi yang tidak bisa disepelekan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com