Selain Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Home / Gaya Hidup / Selain Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh
Selain Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh ILUSTRASI - Manfaat Buah Jeruk. (FOTO: Freepik)

TIMESMATARAM, JAKARTA – Buah jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain mencegah sariawan, vitamin C juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan organ kardiovaskular. Selain vitamin C, jeruk memiliki nutrisi dan kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat jeruk untuk kesehatan?

Berikut ini berbagai manfaat kesehatan dari jeruk jika dikonsumsi secara rutin.

1. Menurunkan kolesterol

Selain mengonsumsi asam lemak omega 3 seperti daging ikan, jeruk juga bisa menurunkan kolesterol. Menurut pakar kesehatan, jika kita mengonsumsi jeruk yang tinggi kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan secara rutin, kadar kolesterol juga bisa ditekan dengan signifikan.

Keberadaan serat larut di dalam jeruk mampu mencegah penyerapan kolesterol dari makanan. Rutin makan jeruk juga akan membantu mencegah datangnya penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Baik bagi kesehatan mata

Tak hanya wortel yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi mata, jeruk ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Hal ini disebabkan oleh keberadaan antioksidan di dalam jeruk yang bisa melawan paparan radikal bebas yang bisa memicu gangguan penglihatan seperti katarak.

Jika kita rutin mengonsumsi makanan tinggi vitamin C seperti jeruk dan makanan dengan kandungan vitamin E tinggi seperti telur, maka risiko untuk terkena katarak bisa ditekan dengan signifikan.

3. Baik bagi kesehatan kulit

Anda tentu sering mendengar suntik vitamin C atau perawatan dengan memakai vitamin C lainnya di salon-salon kecantikan. Dalam realitanya, vitamin C memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi kulit. Hal ini berarti, jika kita rutin makan jeruk atau buah-buahan lain yang tinggi kandungan vitamin C, maka kulit akan menjadi semakin sehat sekaligus mencegah datangnya penuaan dini.

4. Menyehatkan saluran pencernaan

Kandungan serat di dalam jeruk bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu, jika kita rutin mengonsumsi air jeruk lemon, maka akan membantu membersihkan pencernaan dengan lebih baik. Hanya saja, sebaiknya kita tidak sembarangan minum air perasan jeruk lemon jika mengalami masalah maag karena sifat asam dari minuman ini dikhawatirkan bisa memicu gejalanya.

5. Mengendalikan tekanan darah

Makan rutin secara jeruk ternyata juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Hal ini tentu akan membuat kita mampu mencegah datangnya hipertensi. Penderita hipertensi yang rutin makan jeruk juga akan mampu mencegah datangnya komplikasi seperti penyakit jantung atau stroke.

Jeruk tinggi kandungan flavonoid berjenis hesperidin yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Kandungan magnesium yang tinggi di dalamnya juga bisa memberikan manfaat yang sama.

6. Membuat tulang lebih sehat dan kuat

Tak hanya susu, manfaat jeruk ternyata juga bisa membantu tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang ternyata bisa membantu tubuh menyerap kalsium dan vitamin D dari berbagai makanan yang kita konsumsi. Hal inilah yang bisa membuat tulang tetap terjaga kondisinya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com