Kiat Menjaga Kesehatan Mata Anak dari Gadget

Home / Gaya Hidup / Kiat Menjaga Kesehatan Mata Anak dari Gadget
Kiat Menjaga Kesehatan Mata Anak dari Gadget ILUSTRASI - Anak bermain Gadget. (FOTO: Golife)

TIMESMATARAM, JAKARTA – Perkembangan era digital tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga dampak negatif untuk anak. Penggunaan gadget seperti tablet, smartphone, perangkat elektronik bermain dan lainnya bisa mengganggu kesehatan anak, terutama kesehatan mata.

Namun semua itu bisa dicegah dengan berbagai hal. Dilansir dari Tabloid Bintang, berikut kiat menjaga kesehatan mata pada anak.

1. Kenalkan gadget di usia tepat 
Tak bisa dipungkiri, sebagai orang tua melihat si kecil tenang dan tidak rewel lagi saat bermain gadget membuat senang. Padahal bisa dibilang ini bukan solusi yang bagus untuk perkembangannya. Oleh karena itu, orang tua perlu mengenalkan gadget di usia yang tepat, seperti saat mereka sudah melalui proses belajar yang cukup di sekolah, bersosialisasi dengan teman-temannya. 

2. Buat batasan waktu
Jangan hanya dengan ucapan untuk menasehati si kecil bermain gadget. Sebagai orang tua, kita mesti tegas menentukan batasan waktu si kecil bermain gadget sejak dini. Dengan perapan yang disiplin seperti ini, akan membentuk kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi pada si kecil. 

Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi jam yang bisa membatasi penggunaan gadget, sehingga ketika waktu bermain gadget habis, perangkat elektronik seperti handphone dan tablet itu akan terkunci dan baru bisa digunakan lagi di waktu berikutnya.

3. Ajak Berdiskusi
Dengan mengajak diskusi berarti Anda sudah mengajak si kecil belajar mengeluarkan pendapatnya. Misalnya, dengan berbagai peraturan yang diterapkan. Si kecil akan menanyakan kenapa tidak boleh terlalu sering bermain gadget. Nah, sebagai orang tua haruslah memberikan penjelasan itu tentang bahaya-bahaya bermain gadget. 

Itulah tiga cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata pada anak.
Mata adalah jendela dunia dan sumber belajar kehidupan, karena segala hal dipelajari lewat mata. Untuk itu sudah seharusnya merawat mata dengan kebiasaan sehat. Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisi harian anak agar kesehatan anak lebih terjamin. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com