Jangan Sembarangan, Ini 6 Langkah Merawat Sepatu

Home / Gaya Hidup / Jangan Sembarangan, Ini 6 Langkah Merawat Sepatu
Jangan Sembarangan, Ini 6 Langkah Merawat Sepatu Ilustrasi - Tips Merawat sepatu (FOTO: greats)

TIMESMATARAM, MALANG – Perubahan trend fashion banyak melahirkan bentuk dan desain sepatu yang berbeda. Begitupun bahan yang digunakan juga menjadi bermacam-macam seperti canvas, suede, dan kulit. Agar tetap awet, Anda perlu merawat sepatu dengan benar. Jangan sembarangan saat membersihkan sepatu.

Sepatu yang merupakan penunjang penampilan, harus mendapatkan perhatian lebih dalam merawatnya. Untuk menjaga daya tahan serta kebersihan dari sepatu, Times Indonesia merangkum 6 cara membersihkan sepatu yang benar. Apa saja?

1. Pertama, lepaskan semua bagian sepatu seperti tali, dan juga insole bila memungkinkan. Hal ini akan memudahkan dalam proses membersihkan sepatu.

2. Bersihkan dahulu kotoran berlebih yang menempel pada sepatu. Dengan cara tepuk-tepukkan kedua sepatu, dan gunakan sikat berbulu lembut untuk menggosok kotoran yang membandel.

3. Celupkan kain lap kedalam campuran air hangat dan detergen khusus sepatu, kemudian gosokkan pada sepatu. Gunakan sikat berbulu halus untuk membersihkan sepatu berbahan canvas maupun suede, dan juga untuk membersihkan bagian outsole sepatu. (Jangan menggunakan detergen sembarangan, karena beberapa kandungan kimia dalam detergen dapat menyebabkan outsole menguning)

4. Setelah bersih, bilas sepatu dengan cara mengelap perlahan menggunakan kain lap yang telah dicelupkan kedalam air hangat. Kemudian serap sisa air berlebih menggunakan kain kering.

5. Keringkan sepatu dengan suhu ruangan. Jangan mengeringkan sepatu dengan paparan sinar matahari langsung, karena dapat membuat bagian sepatu berkerut dan warnanya menjadi pudar.

6. Setelah kering pasang kembali semua bagian sepatu, kemudian semprotkan pewangi sepatu

Selain enam kiat merawat sepatu di atas, hindari mencuci sepatu dengan mesih cuci. Penggunaan mesin cuci dapat merusak seluruh bagian sepatu terutama bagian luarnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com