Agar Radang Amandel Tak Semakin Buruk, Hindari Makanan Ini

Home / Gaya Hidup / Agar Radang Amandel Tak Semakin Buruk, Hindari Makanan Ini
Agar Radang Amandel Tak Semakin Buruk, Hindari Makanan Ini Ilustrasi - Radang Amandel (FOTO: portal.paguemenos)

TIMESMATARAM, JAKARTASakit pada tenggorokan dan kesulitan menelan adalah gejala umum pada peradangan amandel. Amandel bisa bertambah buruk jika Anda asal konsumsi makanan. Ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan radang amandel semakin memburuk.

Dilansir dari Halodoc, berikut 7 makanan dan minuman yang bisa membuat amandel semakin buruk.

1. Jeruk

Pantangan makanan amandel pada anak dan dewasa yang pertama adalah jeruk dan buah sitrus lainnya seperti jeruk nipis dan lemon.

Meskipun jeruk dipercaya memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imun dan mengatasi masalah seperti flu, tapi kandungan asamnya juga berpotensi untuk mengiritasi permukaan tenggorokan yang sudah meradang.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas juga merupakan pantangan amandel karena makanan ini dapat memperburuk rasa sakit di tenggorokan. Hindari penggunaan cabai, lada, pala, atau bumbu lain lainnya yang menghasilkan rasa pedas dalam masakan.

3. Makanan yang Diproses dengan Garam atau Cuka

Selain jeruk, masih banyak jenis makanan asam lainnya yang juga menjadi pantangan amandel.

Salah satunya adalah cuka. Makanan yang diproses dengan cuka seperti acar juga bersifat mengiritasi dan dapat memperburuk peradangan. Makanan yang diproses dengan garam seperti ikan asin juga memberikan efek yang sama.

4. Makanan Keras dan Renyah

Makanan keras dan renyah juga menjadi pantangan amandel karena dapat memperburuk gejala.

Ketika mengalami radang amandel, Anda akan kesulitan menelan makanan dan merasa sakit setiap menelan atau bahkan ketika mengunyah. Makanan keras seperti kerupuk, roti kering, kacang-kacangan, dan sayuran mentah mengharuskan Anda untuk mengunyah lebih lama.

5. Tomat

Saat disarankan untuk menghindari makanan pedas, Anda mungkin ingin beralih ke saus tomat sebagai pengganti, namun ternyata ini bukan merupakan pilihan yang tepat.

Faktanya saus tomat atau jus tomat juga menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ketika mengalami radang amandel. Tomat memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga konsumsi jus atau saus tomat berlebihan sebaiknya dihindari.

6. Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat memperburuk sakit pada tenggorokan. Selain menghindari minum alkohol, Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol dalam obat kumur masih dapat berpotensi memperburuk amandel. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com