HKTI NTB dan Pemkab Lombok Timur Sepakat Kerjasama Pengelolaan Bawang Putih

Home / Ekonomi / HKTI NTB dan Pemkab Lombok Timur Sepakat Kerjasama Pengelolaan Bawang Putih
HKTI NTB dan Pemkab Lombok Timur Sepakat Kerjasama Pengelolaan Bawang Putih Suasana penandatanganan kerjasama antara HKTI NTB dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur terkait pengelolaan bawang putih. (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMESMATARAM, MATARAM – Himpunan Kerukunan Tani Indomesia  Nusa Tenggara Barat atau HKTI NTB melakukan penandatangan kerjasama dengan Pemkab Lombok Timur tetkait pengembangan bawang putih di wilayah Kecamatan Sembalun.

Penandatanganan itu merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara HKTI NTB dengan Bank NTB Syariah, tentang Penyaluran Pembiayaan Tunas Sejahtera IB Amanah bagi petani bawang putih dan jagung.

Ketua HKTI NTB H. Rumaksi menyatakan, bahwa penandatangan kerjasama dengan Pemkab Lombok Timur bertujuan untuk mempersatukan visi misi pemerintah daerah dan HKTI. Mengingat, hasil panen petani nantinya akan dijadikan bibit untuk memenuhi kebutuhan bawang putih di NTB maupun di luar daerah, sehingga pemerintah tidak lagi melakukan impor bawang putih.

“Karena itu di dalam kesepakatan ini nanti kami dari HKTI akan mengokupasi semua hasil panen para petani dan akan dibuat menjadi bibit untuk memenuhi semua kebutuhan baik di dalam daerah maupun di luar daerah,” ucapnya, saat acara penandatanganan kerjasama, di Hotel Santika Kota Mataram, Jumat (17/1/2020).

Menurut Rumaksi, dalam kerjasama tersebut yang menjadi sasaran yakni  para petani bawang  di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Karena  pemerintah pusat telah menetapkan kawasan Sembalun sebagai sentra bawang putih.

“Saat ini di Sembalun ada sebanyak 26 kelompok yang terdiri dari sekitar 1500 petani. Namun petani di sana masih ada kendala yaitu masalah pembiayaan dan di sinilah hadir Bank NTB Syariah, semua varitas dibanggakan maka ini perlu dikembangkan untuk bisa sebagai penyangga kebutuhan bibit nasional,” katanya.

Sementara, Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmi mengapresiasi HKTI NTB yang bekerjasama dengan Bank NTB Syariah untuk meminjam dana bagi petani di Kecamatan Sembalun.

“Alhamdullilh, perjanjian kerjasama dengan HKTI bisa dilaksanakan hari ini, karena itu kami ucapkan terimah pada Bank NTB yang telah memberikan bantuan dan bisa membangkitkan gairah dan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Ia mengatakan, masyarakat di Lombok Timur kini semakin modern menyajikan bawang putih dalam kemasan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, karena masyarakat mulai sadar keuntungan dari industrialisasi.

“Ada industrialisasi bawang putih diracik dikemas dan dia berkualitas tidak hanya dijual secara manual, tentu nilai tidak setinggi seperti diolah dan dikemas bagus,” kata Sukiman.

Penandatangan kerjasama antara HKTI NTB dengan Pemkab Lombok Timur itu disaksikan langsung oleh Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah dan Direktur Utama Bank NTB Syariah H. M. Kukuh Rahardjo serta dihadiri oleh puluhan petani bawang putih Kecamatan Sembalun.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com