Presiden Jokowi Undang Tokoh Adat Papua dan Papua Barat Pekan Depan

Home / Berita / Presiden Jokowi Undang Tokoh Adat Papua dan Papua Barat Pekan Depan
Presiden Jokowi Undang Tokoh Adat Papua dan Papua Barat Pekan Depan Presiden Jokowi. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESMATARAM, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan rencana Presiden Jokowi yang akan mengundang tokoh adat Papua dan Papua Barat ke Istana pekan depan. Jokowi mengundang para tokoh papua untuk berdialog mengenai kerusuhan yang terjadi di Papua serta kesejahteraan warga di sana.

Moeldoko menjelaskan, Jokowi berdialog untuk menjaga stabilitas keamanan negara. Apalagi, ada beberapa kelompok yang memanfaatkan kerusuhan ini untuk memecah belah bangsa. 

"Tujuannya pasti masyarakat untuk bisa membantu pemerintah dalam (menciptakan) stabilitas. Karena begini, pemerintah Indonesia, Pak Jokowi saat ini, sedang gencar-gencarnya membangun Papua. Jangan sampai terganggu," ujar Moeldoko di Gedung Krisna Bakti, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Namun, menurut analisa Moeldoko, ada sejumlah kelompok yang tak senang melihat Presiden Jokowi membangun infrastruktur di Papua dan Papua Barat secara besar-besaran. 

"Tapi memang saya analisa, ada kelompok-kelompok tertentu yang  melihat pembangunan yang terjadi Papua, mereka tidak menginginkan Papua itu sejahtera," lanjut dia. 

Moeldoko menduga, kelompok-kelompok tersebut memang tak ingin warga Papua sejahtera. Sebab, jika warga Papua sejahtera, pengaruh mereka di wilayah tersebut akan berkurang.

"Kalau sejahtera nanti dia satu, dari sisi kelompok bersenjata tidak memiliki pengaruh lagi nanti kepada masyarakat," jelasnya. 

Tak hanya itu, Moeldoko menegaskan bahwa Jokowi ingin terus berkomunikasi dengan seluruh kelompok masyarakat Papua agar bisa saling memahami. Sehingga, tak ada kelompok-kelompok lain di luar warga Papua yang memberikan pengaruh buruk di masyarakat. 

"Itulah Presiden sangat konsisten membangun komunikasi, baik komunikasi di Istana, maupun komunikasi periodik beliau datang ke Papua yang jumlahnya puluhan kali itu," kata Moeldoko menjelaskan, bahwa Presiden Jokowi akan mengundang tokoh adat Papua dan Papua Barat ke Istana Negara untuk berdialog pekan depan.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com