KEK Mandalika akan Didukung Teknologi Canggih Ramah Lingkungan

Home / Berita / KEK Mandalika akan Didukung Teknologi Canggih Ramah Lingkungan
KEK Mandalika akan Didukung Teknologi Canggih Ramah Lingkungan Plt. Kadiskominfotik saat membawa Investor Teknologi Canggih kepada Wagub NTB (FOTO: Istimewa)

TIMESMATARAM, LOMBOKKEK Mandalika yang berada di Kuta Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan dilengkapi sistem pengawasan, pemantauan, pengamanan dan infrastruktur mobilitas dengan menggunakan teknologi canggih ramah lingkungan (Mandalika Smart Concept).

Mandalika Smart Concept adalah pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengendalian dan pengawasan. Sekaligus menggabungkan atau mengintegrasikan berbagai sistem dan pembangunan infrastruktur pendukung seperti, jaringan listrik berbasis energi panel surya (PLTS).

Fasilitas air bersih, pengendalian Kebersihan kawasan dan pantai, circuit control system, public wireless broadband, mobil listrik berbasis lenSolar hingga CCTV Security Solution di area circuit motoGP. Termasuk menggabungkan jaringan listrik AC dengan jaringan listrik DC serta penggunaan tetra radio jika jaringan broadband mengalami masalah.

Otoritas pengelola ITDC didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Drs.Lalu Gita Ariadi dan Plt. Kadis Kominfotik Gde Putu Aryadi, MH, menghadirkan PT. LEN yang merupakan BUMN yang memiliki pengalaman luas dan dipercaya di kancah internasional untuk pembangunan sistem terintegrasi di bidang telekomunikasi.

"Mereka hadir untuk memaparkan rencana pengembangan Mandalika Smart Concept tersebut kepada Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj.Sitti Rohmi Djalillah di ruang kerjanya," kata Gde Aryadi, selasa lalu (15/8-2019).

Wagub NTB mengingatkan bahwa pembangunan infrastruktur tersebut perlu dirancang sebaik mungkin, termasuk pemberdayaan SDM lokal dalam bentuk transfer skill dalam rangka keberlanjutan operasional dan perawatan (maintenance).

Umi Rohmi juga sempat menyinggung tentang rencana pemanfaatan mobil listrik berbasis lenSolar yang lebih ramah lingkungan, di sejumlah spot  wisata. Seperti di Gili, KEK Mandalika dan destinasi lain dengan tujuan untuk memfasilitasi wisatawan dalam membawa barang atau perlengkapannya.

Hal tersebut diamini Kepala Dinas DPMPT, Miq Gita. Ia menyampaikan bahwa mobil listrik yang ramah lingkungan ini perlu dimanfaatkan di daerah wisata, guna membantu membawa perlengkapan berwisata mereka.

Miq Gita berharap setiap investor yang ingin berinvestasi di NTB, lebih lebih di kawasan pantai, agar ikut mensukseskan program pemerintah dalam mengkampayekan zero waste.  Para investor diwajibkan untuk memperhatikan dampak pembangunan terhadap ekosistem biota laut. "Kami welcome terhadap investor, namun tetap mengutamakan kelestarian lingkungan", tegasnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com