Serapan Dana Desa Geluntung Bali Masih Belum Ramah Perempuan

Home / Berita / Serapan Dana Desa Geluntung Bali Masih Belum Ramah Perempuan
Serapan Dana Desa Geluntung Bali Masih Belum Ramah Perempuan Kader Penggerak Pembangunan Desa Geluntung, Silum Made Sukarini. (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESMATARAM, DENPASAR – Penyerapan dana desa di Desa Geluntung, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali masih rendah khususnya untuk perempuan dan penduduk lansia. Anggaran Dana Desa tahun 2019 ini  terserap 10 persen dari total anggaran Rp 700 juta.

"Saat ini anggaran untuk perempuan dan lansia, masih hanya sebatas untuk kegiatan fisik atau kesehatan," kata Kader Penggerak Pembangunan Desa Geluntung, Silum Made Sukarini, Jumat (16/9/2019).

Perempuan yang akrab disapa Erpi mengatakan saat ini realisasi dana desa masih banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Salah satunya untuk pembangunan kantor desa, karena sejak pemerkaran pada 2007, belum ada kantor desa. 

Erpi juga menyampaikan saat ini banyak anggaran yang terserap untuk infrastruktur perawatan jalan. Sedangkan dalam realisasi dana desa untuk perempuan dan lansia, masih digunakan untuk alokasi kegiatan senam dan kesenian untuk ibu PKK. Belum ada program atau kegiatan yang dimaksimalkan untuk pemberdayaan.

"Saat kami jaring aspirasi, para perempuan dan lansia ini ingin adanya pemberdayaan untuk mereka, seperti pelatihan pembuatan kue Bali atau kerajinan," tambahnya.

Tak hanya itu, program untuk perempuan saat ini juga dinilai masih belum mampu membuat perempuan Desa Geluntung mampu untuk mandiri. Karena itu, Erpi pun mulai turut memperjuangkan perempuan.

"Saya juga mengajak ibu-ibu PKK Desa Geluntung, dari lima Banjar yang ada untuk aktif dan bisa membuat proposal untuk kegiatan perempuan dan lansia," katanya

Erpi juga berharap Pemerintah Desa mulai memperhatikan khusus untuk pemberdayaan perempuan dan lansia, agar tercipta kesetaraan dan proporsional pembangunan desa. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com