Terkait Dugaan Kasus Suap Anggaran, KPK RI Periksa Suherlan dan Sukiman Hari Ini 

Home / Berita / Terkait Dugaan Kasus Suap Anggaran, KPK RI Periksa Suherlan dan Sukiman Hari Ini 
Terkait Dugaan Kasus Suap Anggaran, KPK RI Periksa Suherlan dan Sukiman Hari Ini  Gedung KPK RI (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESMATARAM, JAKARTAKPK RI, hari ini akan melakukan pemeriksaan kepada Sukiman, anggota DPR RI Fraksi PAN yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan anggaran. 

Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka lainnya, Natan Pasomba, yang merupakan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pegunungan Arfak, Papua Barat.

"Sukiman hari ini akan diperiksa sebagai saksi untuk NPS (Natan Pasomba) Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pegunungan Arfak, Papua Barat," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (22/7/2019).

Selain Sukiman, KPK juga memanggil Tenaga Ahli F-PAN DPR RI, Suherlan dan mantan Kasi Perencanaan DAK nonfisik Dirjen Perimbangan Keuangan, Rifa Surya. Mereka dipanggil sebagai saksi untuk Natan.

Natan ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberikan suap kepada Sukiman untuk memuluskan pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak. Sukiman pun sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Natan diduga menyiapkan uang Rp 4,41 miliar, yang terdiri dari uang tunai sejumlah Rp 3,96 miliar dan valas USD 33.500. Jumlah tersebut, menurut KPK, merupakan commitment fee sebesar 9 persen dari dana perimbangan yang dialokasikan untuk Pegunungan Arfak.

Namun yang diduga diterima Sukiman, menurut KPK, berjumlah Rp 2,65 miliar. Suap itu diduga diterima Sukiman antara Juli 2017 dan April 2018 dengan beberapa pihak sebagai perantara

Sukiman terlihat sudah berada di dalam lobi KPK RI, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Dia terlihat mengenakan kemeja warna putih lengan panjang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com